Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Macam-Macam Kabel Jaringan

Macam-Macam Kabel Jaringan


macam-macam kabel jaringan

Assalamualaikum Warahmatullahi Wb. Salam sejahtera bagi kita semua. Ulasan tentang berbagai macam jenis kabel jaringan sudah banyak sekali dibahas di berbagai artikel di website & blog, sedangkan artikel saya disini bertujuan menambah daftar panjang ulasan tentang macam-macam kabel jaringan. Apa sih kabel jaringan itu, bagaimana dia bekerja dan ada berapa macam jenis kabel jaringan.

Dalam sebuah perangkat komputer, untuk bisa terhubung antar perangkat komputer, maka di butuhkan kabel sebagai penghubung, juga hardware yang menghubungkan antar titik komputer. Untuk perangkat keras itu sendiri biasa nya sudah tersedia pada setiap perangkat komputer yaitu ethernet card. sedangkan untuk menghubungkan antar ethernet kita akan membutuhkan hanya sebuah kabel jika hanya menghubungkan 2 buah komputer. Namun untuk bisa menghubungkan komputer lebih dari 2 Maka akan, membutuhkan alat tambahan selain dari pada kabel itu sendiri.


Untuk lebih spesifik, disini saya akan lebih fokus pada pembahasan, macam-macam kabel jaringan nya, supaya lebih fokus. Di bawah ini beberapa macam kabel jaringan :

Kabel UTP

kabel utp
Kabel UTP sesuai dengan nama nya, utp adalah singkatan dari (unshield twister pair). Kabel yang terdiri 4 pasang konduktor yang saling melilit, dari 4 pasang kabel dengan pasangan saling melilit di tandai dengan warna yang berbeda, dalam setiap pasang. Unshielded, berarti tidak memiliki pelindung seperti alumunium foil. Sehingga kabel ini tergolong rawan terhadap interfensi gelombang elektromagnetik. Meskipun memiliki pelindung luar dari plastik. Kabel jenis utp ini biasanya digunakan untuk instalasi jaringan indoor, mengingat lapisan pelindung yang kurang baik.
  • UTP Cat 5
  • UTP Cat 5E
  • UTP Cat 6
  • UTP Cat 6E 

Konektor yang di gunakan pada pengkabelan ini, adalah Konetor RJ 45. Sedangkan metode pengkabelan nya adalah straight dan cross. 

Kabel FTP

kabel ftb

Foiled twister pair (FTP) Jenis sama dengan utp, 4 pasang kawat konduktor saling melilit dengan kode warna sama, yang membedakan antara utp dengan kabel ftp ini, adalah lapisan alumunium foil, yang membungkus ke-empat pasang kabel twist. Dengan lapisal luar sama PVC.
  • FTP Cat 5 E
  • FTP Cat 6
  • FTP Cat 6E
Konektor yang di gunakan pada pengkabelan ini, adalah Konetor RJ 45. Sedangkan metode pengkabelan nya adalah straight dan cross. 

Kabel STP

kabel stp

Kable STP Sesuai dengan nama nya, (shielded twister pair). Kabel ini sebenarnya sama dengan kabel utp, hanya saja ia memiliki lapisan pelindung yang lebih baik, sehingga lebih aman dari interfensi elektromagnetik. Setiap pasang kabel berwarna sama dengan utp, namun dengan lapisan alumunium foil di setiap pasang. Peruntukan kabel stp ini kebanyakan pada aplikasi jaringan outdoor, mengingat kualitas lapisan ganda, yang meminimalisir ganguan elektromagnetik, meskipun tidak masalah di aplikasikan pada jaringan indoor.

  • STP Cat 5 E
  • STP Cat 6
  • STP Cat 6 E
Kenektor yang di gunakan pada pengkabelan ini, adalah jenis konektor RJ 45. Sedangkan metode pengkabelan nya sendiri Straigt & cross. 

Kabel Coaxial

kabel coaxial

Kabel coaxial ini terdiri dari 2 penghantar konduktor, yang terdiri dari kabel inti tembaga dengan lapisan luar alumunium foil, selanjutnya di lapisi dengan kabel serabut sebagai penghantar kedua, yang melilit pada bagian luar kabel inti. Kabel serabut luar ini biasanya terbuat dari bahan alumunium. Namun seiring berjalannya waktu, kabel jenis ini sudah banyak ditinggalkan dalam dunia jaringan, mengingat semakin majunya dunia teknologi serta sudah semakin jarang perangkat jaringan yang menggunakan konektor bnc.  

Fiber Optik 

kabel fiber optic

Kabel Fiber Optic Kabel yang satu ini berbeda dari ketiga jenis kabel sebelumnya, kabel fiber optic ini terbuat dari serat kaca fiber yang dibungkus oleh lapisan plastik. Kabel fiber ini mempunyai kelebihan dibandingkan dengan 2 jenis kabel di atas, kabel ini tidak terpengaruh oleh gelombang elektromagnetik, karna kabel ini mentransmisikan sinyal berupa cahaya yang di kalibrasi, sehingga aman terhadap gangguan. Jarak tempuh / kemampuan transmisi nya juga sangat cepat dan jauh.







 

Posting Komentar untuk "Macam-Macam Kabel Jaringan"