Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Komputer Server

Mengenal Komputer Server 



.
 Assalamualaikum Warahmatullahi Wb. Salam sejahtera bagi kita, dalam postingan kali ini, saya akan coba mengulas dan membahas tentang komputer server. Apa sih dan bagaimana komputer server bekerja, terus spesifikasi nya seperti apa sehingga sebuah komputer bisa di sebut komputer server, Oke mari kita bahas.

Merujuk pada istilah bahasanya "serve" berarti melayani, sedangkan "server" pelayan. Sedangkan dalam istilah teknis nya, komputer yang dirancang sebagai sumber data akses, baik itu akses database, ataupun data file, yang siap melayani sejumlah komputer lain, atau perangkat yang membutuhkan akses data terhadap komputer server. Lalu apa beda nya dengan komputer dekstop biasa? Ya... Jawabannya adalah berbeda, dari spesifikasi hardware nya juga jelas berbeda, dari segi operating system juga jelas berbeda.



Komputer server dirancang khusus untuk dapat menyala secara terus-menerus, dalam hal performa komputer server juga harus lebih unggul dari komputer dekstop, karna komputer ini akan di akses oleh beberapa komputer dekstop sekaligus, dan terus menerus memberikan akses layanan. Jika komputer server tidak memiliki cukup source, dengan kata lain spesifikasi nya biasa-biasa saja. Maka yang akan terjadi yaitu; tidak dapat bekerja secara optimal. 


Processor

Dalam hal hardware komputer server, processor mempunyai peranan yang sangat penting, terutama inti dari sebuah processor. Processor yang dirancang untuk komputer server biasa nya memiliki spesifikasi lebih unggul dalam segi performa, processor memiliki inti core lebih banyak, L1,L2 Cache lebih tinggi di banding rata-rata processor biasa.

RAM

Random acces memory (RAM), atau sering disebut ram, perangkat satu ini juga menempati urutan ke dua, hardware yang perlu di perhatikan dalam memilih / membangun sebuah komputer server. Mengapa ? Karena kecepatan akses data, akan sangat bergantung pada kemampuan sebauh ram. Maka dalam hal ini ram mempunyai tugas yang sangat penting setelah processor, semakin besar ram yang kita gunakan maka akan semakin baik komputer server bekerja.

HDD

Hard Disk Drive (HDD) Adalah hardware yang sangat perlu di perhatikan dalam sebuah PC Server, sebuah penyimpanan yang baik akan sangat membantu process sebuah system server dalam hal baca tulis (read/write). Namun jika perangkat penyimpanan ini tidak di perhatikan. Maka kinerja server pun akan dirasa kurang maksimal. Meskipun secara processor dan ram nya dirasa sudah cukup memadai. Perusahaan Hardware komputer menciptakan Hardware tersendiri untuk perangkat penyimpanan server, seiring perkembangan teknologi, muncul perangkat SSD (Solid State Drive). Menjanjikan performa serta kecepatan akses baca/ tulis (R/W) yang lebih baik. SSD akan menjadi pilihan tepat untuk membangun sebuah PC Server.

Demikian sedikit ulasan tentang sebuah perangkat komputer server, serta fungsi dari server. Semoga artikel ini bermanfaat, dan memperikan sedikit pencerahan bagi teman-teman sekalian. Jika ada kekurangan atau kesalahan dalam tulisan, maka saya akan sangat senang menerima kritik dan saran dari teman-teman sekalian. Silahkan tinggalkan komentar di bawah, untuk perbaikan saya dalam membuat sebuah artikel.



Posting Komentar untuk "Mengenal Komputer Server "