Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merawat Baterai Handphone

Cara Merawat Baterai Handphone


merawat baterai handphone
Source : Amazon

Assalamualaikum, Warahmatullahi Wb. Selamat pagi teman-teman sekalian, karna mata masih blom mau di tidurkan, saya coba untuk menulis tips Cara merawat baterai handphone, temen-temen sekalian terutama android. Siapa sih orangnya yang ga kepingin baterai nya tetep awet tahan sampai berjam-jam, atau bahkan berhari-hari. Ada ungkapan kalo engga kepingin baterai nya cepet habis, handphone nya di matiin aja. Hahaha....

Ungkapan di atas ada benarnya juga, namun kalo ungkapan seperti itu yang keluar pasti bikin esmosi ya, setiap orang pasti tahu lah namanya handphone kalo di matiin ya pasti awet baterai nya. Namun disini yang coba saya bahas adalah bagaimana cara supaya batterey awet dalam artian pemakaian wajar namun masih tetep tahan lama, alias normal.

Menjaga Masa Pakai

Ingat, jaga selalu baterai tetap dalam kondisi normal (tidak panas). Suhu baterai yang meningkat adalah faktor mempengaruhi daya tahan baterai cepat habis terkuras, menggapa demikian? jawabannya adalah ketika suhu baterai meningkat, maka kinerja baterai juga meningkat lebih. Adapun penyebab Baterai cepat panas, bisa disebabkan beberapa faktor yaitu :

  • Pemakaian terus-menerus tanpa jeda selama beberapa jam penuh.
  • Signal yang buruk, faktor penyebab yang satu ini punya andil besar dalam menguras baterai.
  • Terlalu banyak aktifitas, pada latar belakang system, seperti halnya; perpesanan group whatsapp dll.
  • Melakukan aktifitas entah itu bermain games, ataupun aktifitas internet lainnya dalam kondisi handphone sedang dalam keadaan di isi ulang (charging).
  • Yang terakhir, baterai sering kehabisan daya, alias low batt. faktor yang terakhir ini bukan hanya mempengaruhi daya tahan baterai, tetapi juga mempengaruhi masa pakai / usia baterai.

Solusi Usia baterai lebih awet :

  1. Gunakan Hanphone secara wajar, dalam artian berikan jeda waktu selama beberapa menit, agar suhu baterai menurun. Langkah ini akan menjaga kondisi suhu baterai tetap aman.
  2. Apabila dirasa sulit untuk mendapatkan signal, alangkah baiknya hanphone tidak dipaksakan untuk tetap terkoneksi ke internet, dalam artian mematikan paket data, adalah pilihan yang sangat bijak. Jika anda takut tidak bisa menerima info-info penting maka, anda masih bisa menggunakan panggilan telephone, atau SMS.
  3. Batasi aktifitas di latar belakang, sekiranya aplikasi yang tidak butuh koneksi terus-menerus bisa di non-aktifkan pada pengaturan. Matikan mulai otomatis pada aplikasi selain perpesanan.
  4. Usahakan memberikan jeda pada baterai, ketika anda bermain games. Mengapa demikian? Jawabannya "Ya" karna aktifitas games akan sangat menguras baterai. Dikarnakan kinerja processor utama & GPU (graphics Processing Unit) akan sangat memakan daya, berbeda dengan kita menjalankan aplikasi biasa yang tidak membutuhkan sumber daya yang besar. Maka sebaiknya istirahatkan beberapa menit, saat baterai dalam kondisi pengisian. Karna aktifitas pengisian ulang baterai juga menimbulkan panas pada baterai.
  5. Baterai terdiri dari beberapa inti sel elektrokimia. Jika baterai sering kehabisan daya alias low batt. Maka yang terjadi akan menurunkan kinerja sel-sel yang ada dalam baterai, jika ini berlangsung terus menerus maka akan mengakibatkan kerusakan pada beberapa inti sel baterai sebelum akhirnya, rusak.

Demikian lah tips dan trik merawat baterai yang bisa saya berikan, semoga dapat memberikan manfaat bagi kita semua. Terima kasih sudah bersedia mengunjungi blog saya. Dan akhir kata Wassalamualaikum, Warahmatullahi Wb.

Posting Komentar untuk "Cara Merawat Baterai Handphone"