Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengatasi Hardisk Tidak Terdeteksi Windows 7

Mengatasi Hardisk Tidak Terdeteksi Windows 7


Mengatasi Hardisk Tidak Terdeteksi Windows 7
Gambar 1.0

Assalamualaikum Warahmatullahi Wb. Salam Sejahtera dan sehat selalu. Pernah kah teman-teman mengalami masalah serupa, mau downgrade windows tapi hardisk tidak terbaca oleh windows 7? Jika teman-teman pernah mengalami hal serupa maka simak artikel berikut.

Keluaran windows versi baru tidak lantas membuat setiap pengguna os yang satu ini bergembira, pasalnya Sebagaian orang masih memilih sistem operasi lama dengan alasan compatibilitas software, ada juga alasan lain yakni karena kemampuan processor dan ram pada laptop terlalu minim. Satu-satunya pilihan yakni downgrade / install ulang dengan Windows 8 atau 10, dengan windows 7.

Namun pada saat hendak melakukan downgrade windows, ternyata muncul masalah drive tidak muncul saat hendak melakukan format pada partisi sistem. Hal ini akan membuat sebagaian pengguna bingung, masalahnya bagaimana bisa install windows 7, kalau media penyimpanan nya tidak dapat di akses alias tidak terdeteksi.Nah kali ini kita akan kupas penyebab nya.

Penyebab Hardisk Tidak Terdeteksi

  • Pasalnya basic I/O atau sistem bios yang ada pada laptop keluaran terbaru sudah menerapkan sistem  UEFI. Sedangkan ntuk windows 7 ini belumsupport, masih menggunakan sistem legacy alhasih butuh penyesuaian dalam install windows 7 pada laptop keluaran terbaru.
  • USB versi 3.0 Jika teman-teman melakukan instalasi windows 7 melalui port usb 3.0 maka proses instalasi akan terkendala meski tidak semua versi windows 7 terkendala pada saat install melalui port usb 3.0. Yang jelas untuk versi windows 7 keluaran awal dan belum menerima update, ini akan terkendala saat melakukan instalasi pada port usb 3.0.
  • Corupt file system, satu lagi kendala yang sering muncul saat hendak melakukan install ulang windows 7 atau hendak melakukan downgrade system dari windows terbaru ke windows 7. Kendala corupt file ini sering muncul tanpa di sadari, sehingga mengakibatkan masalah saat kita hendak melakukan install windows.

Cara Mengatasi

Windows 7 belum mendukung usb 3.0 ke atas, jika teman-teman melakukan install windows atau downgrade dari windows 10 atau 8 ke windows 7 menggunkan usb versi 3. Maka teman-teman wajib menyertakan driver usb 3.0 saat proses instalasi windows 7.

Apabila kendala nya pada corupt file windows nya maka teman-teman wajib mengganti dengan file windows nya. Kendala corupt file ini biasa nya terjadi saat kita burning cd windows / membuat file iso windows. 

Nah demikian artikel bagaimana mengatasi hardisk tidak terdeteksi saat melakukan install wondows 7 atau pun downgrade dari windows versi baru pada perangkat laptop / PC keluaran terbaru. Semoga artikel ini bermanfaat.




1 komentar untuk "Mengatasi Hardisk Tidak Terdeteksi Windows 7"

  1. Online Pokies With Online Pokies With Real Money
    Online Pokies with Real Money · Online 바카라 추천 Pokies That Are Better Than Real Money 클레오 카지노 · Online Pokies 우리 카지노 That Are Better Than Real Money · Online Pokies That 바카라 총판 양방 Are Better Than 실시간 바카라 사이트

    BalasHapus