Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

VGA, DVI, HDMI, Display Port Apa Perbedaan nya?

 VGA, DVI, HDMI, Display Port Apa Perbedaan nya?


VGA, DVI, HDMI, Display Port Apa Perbedaan nya?

Assalamualaikum Warahmatullahi Wb. Salam sejahtera bagi kita semua. Dalam keseharian sering kali kita dengar, bahkan mungkin sering pula kita jumpai nama-nama port seperti VGA, DVI, HDMI serta Display Port. Namun apakah kita sudah tau apa perbedaan dari masing-masing port tersebut, nah pada postingan kali ini saya akan sedikit menyinggung tentang macam-macam port display di atas.

VGA, DVI, HDMI, Display Port Apa Perbedaan nya?

Port VGA



VGA Port

Berdasarkan namanya yakni video graphic array (VGA) adalah port display adapter yang menampilkan sinyal video analaog biasanya pada monitor tabung atau monitor LCD dengan resolusi grafik rendah, VGA di perkenalkan pertama kali oleh IBM pada tahun 1987. Meskipun pada dewasa ini VGA sudah banyak di tinggalkan atau di gantikan dengan standart yang lebih baru, namun masih sering kita jumpai port vga pada motherboard keluaran terbaru. VGA ini juga sering di sebut sebagai graphic card adapter, bahkan graphic card yang lebih baru masih meng-adaptasi nama VGA.

VGA, DVI, HDMI, Display Port Apa Perbedaan nya?

Port DVI

Cara Backup Windows 10

DVI Port

Digital Visual Interface (DVI) atau yang lazim kita sebut port DVI merupakan port pensinyalan digital yang dikembangkan pertama kali pada tahun 1999. Oleh sekelompok perusahaan yakni Intel, Silicon Image, Compaq, Fujitsu, HP, IBM dan NEC dengan julukan Digital Display Working Group (DDWG).

Antarmuka digital digunakan untuk menghubungkan sumber video, seperti pengontrol tampilan video , ke perangkat tampilan , seperti monitor komputer . Ini dikembangkan dengan tujuan menciptakan standar industri untuk transfer konten video digital.

Antarmuka ini dirancang untuk mengirimkan video digital yang tidak terkompresi dan dapat dikonfigurasi untuk mendukung beberapa mode seperti DVI-A (hanya analog), DVI-D (hanya digital) atau DVI-I (digital dan analog). Menampilkan dukungan untuk koneksi analog, spesifikasi DVI kompatibel dengan antarmuka VGA. Kompatibilitas ini, bersama dengan keuntungan lainnya, menyebabkan penerimaan luas atas standar tampilan digital yang bersaing , Plug and Display (P&D) dan Digital Flat Panel (DFP). Meskipun DVI sebagian besar terkait dengan komputer, kadang-kadang digunakan dalam elektronik konsumen lainnya seperti pesawat televisi dan pemutar DVD. Wikipedia

VGA, DVI, HDMI, Display Port Apa Perbedaan nya?

HDMI Port

HDMI Port

High Definition Multimedia Interface (HDMI) Merupakan interface untuk mentransmisikan sinyal audio / video digital baik terkompresi maupun tidak terkompresi, HDMI merupakan port pengganti standart video analog.

Memiliki output signal yang sama dengan DVI port, dengan standart EIA/CEA-861. Secara elektrik memiliki kompatibilatas dengan standart CEA-861 yang di gunakan oleh digital visual interface (DVI) sehingga tidak di perlukan konversi signal jika di hubungkan pada port DVI.

Mampu menampilkan gambar dengan resolusi tingi 1920 X 1080 60Hz  WUXGA hingga 340 MHz pada port hdmi versi 1.3 sedangkan pada WQXGA mampu hingga 2560×1600  dapat memiliki kecepatan piksel video 25 MHz hingga 340 MHz.

HDMI memiliki tiga saluran komunikasi yang terpisah secara fisik, yaitu DDC, TMDS, dan CEC opsional pada saluran komunikasi.


VGA, DVI, HDMI, Display Port Apa Perbedaan nya?

Display Port

Display Port

DisplayPort ( DP ) adalah antarmuka tampilan digital yang dikembangkan oleh konsorsium produsen PC dan chip dan distandarisasi oleh Video Electronics Standards Association (VESA). Hal ini terutama digunakan untuk menghubungkan sumber video ke perangkat tampilan seperti monitor komputerjuga dapat membawa signal audiodan bentuk data lainnya.

DisplayPort dirancang untuk menggantikan VGA , FPD-Link , dan Digital Visual Interface (DVI). Ini kompatibel dengan antarmuka lain, seperti HDMI dan DVI, melalui penggunaan adaptor aktif atau pasif.

Ini adalah antarmuka tampilan pertama yang mengandalkan transmisi data paket , suatu bentuk komunikasi digital yang ditemukan dalam teknologi seperti Ethernet , USB, dan PCI Express . Ini memungkinkan penggunaan koneksi layar internal dan eksternal. Tidak seperti standar lama yang mengirimkan sinyal clock dengan setiap output, protokolnya didasarkan pada paket data kecil yang dikenal sebagai paket mikro , yang dapat menyematkan sinyal clock dalam aliran data, memungkinkan resolusi yang lebih tinggi menggunakan pin yang lebih sedikit. Penggunaan paket data juga membuatnya dapat diperluas, artinya lebih banyak fitur dapat ditambahkan dari waktu ke waktu tanpa perubahan signifikan pada antarmuka fisik. 

DisplayPort dapat digunakan untuk mengirimkan audio dan video secara bersamaan, meskipun masing-masing dapat ditransmisikan tanpa yang lain. Jalur sinyal video dapat berkisar dari enam hingga enam belas bit per saluran warna , dan jalur audio dapat memiliki hingga delapan saluran audio PCM  24 bit 192 kHz yang tidak terkompresi Saluran bantu dua arah, setengah dupleks membawa manajemen perangkat dan data kontrol perangkat untuk Tautan Utama, seperti standar VESA EDID , MCCS , dan DPMS . Antarmuka juga mampu membawa sinyal USB dua arah.

Antarmuka menggunakan protokol sinyal LVDS yang tidak kompatibel dengan DVI atau HDMI. Namun, port DisplayPort mode ganda dirancang untuk mentransmisikan protokol DVI atau HDMI tautan tunggal ( TMDS ) melintasi antarmuka melalui penggunaan adaptor pasif eksternal , mengaktifkan mode kompatibilitas dan mengubah sinyal dari 3,3 menjadi 5 volt. Untuk VGA analog YPbPr dan DVI dual-link , aktif bertenagaadaptor diperlukan untuk kompatibilitas dan tidak bergantung pada mode ganda. Adaptor VGA aktif ditenagai langsung oleh konektor DisplayPort, sedangkan adaptor DVI dual-link aktif biasanya mengandalkan sumber daya eksternal seperti USB. Wikipedia





Posting Komentar untuk "VGA, DVI, HDMI, Display Port Apa Perbedaan nya?"