Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah Singkat Virus Komputer

 Sejarah Singkat Virus Komputer

Sejarah Singkat Virus Komputer


Assalamualaikum Warahmatullahi Wb. Salam sejahtera bagi kita semua, Mengenal Sejarah Singkat Virus Komputer, kita akan kupas tuntas apa itu virus, dan kenapa kita harus mengisntall anti virus pada perangkat komputer atau laptop kita.

Sejarah Virus Komputer

Masih menjadi perdebatan umum siapa yang pertama kali menciptakan virus komputer, namun kita akan merujuk dari tahun kemunculanya, Pada tahun 1971, Seorang ilmuwan Bob Thomas dari BBN menulis sebuah program komputer yakni "Creeper" terinspirasi dari film kartun Scooby-Doo.

Thomas merupakan seorang programmer dari sebuah perusahaan pengembang jaringan yakni BBN yang sekarang dikenal dengan nama Raython BBN Tecnologies. Tujuan awal dari program komputer ini (creeper), tidak ada tujuan merusak, melain kan untuk mengembangkan prinsip kerja aplikasi seluler. Namun teryata tanpa di duga "worm tersebut merusak mainframe DEC PDP-10 Digital Equipment Corporation, dengan menampilkan pesan "I'M THE CREEPER; CATCH ME IF YOU CAN".

Sementara meskipun creeper merusak sistem, akan tetapi kerusakannya minim sekali. Beda dengan virus-virus komputer yang bertebaran saat ini. Creeper tidak masuk dalam kategori Malware. Ada perbedaan yang sangat signifikan antara creeper dengan virus dengan jenis malware, karena kerusakan atau kerugian yang ditimbulkan oleh virus jenis malware ini relatif mengancam. Bahkan bisa dikatakan merugikan pengguna komputer.

Virus Saat Ini

Jenis dan varian virus dewasa ini, cukup meresahkan mengingat semakin meningkatnya penggunaan internet, maka penyebaran nya pun semakin meluas dan masif tanpa kita sadari. Saat ini banyak bermunculan varian dari virus, dalam keseharian kita sebagai pengguna komputer, kita sering tidak menyadari ketika melakukan aktifitas surfing di internet.

Saat ini, virus di ciptakan dengan berbagai macam modus, mulai dari memata-matai, spaming, pishing, hingga mengambil alih kendali sistem. Sehingga menjadikan kinerja sistem komputer kita terganggu, aktifitas ini sangat membebani kinerja sistem. Dalam hal ini, menguras penggunaan CPU dan Ram yang terlampau tinggi. Meskipun kita hanya membuka aplikasi ringan, terlebih saat komputer terhubung ke internet.

Untuk pembahasan variant dari virus, juga cara aman terhindar dari serangan virus pada komputer kita, akan kita bahas pada kesempatan berbeda. 




Posting Komentar untuk "Sejarah Singkat Virus Komputer "