Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Upgrade RAM PC & Laptop

Tips dan Trik Upgrade RAM PC & Laptop

Tips Upgrade RAM PC & Laptop


Assalamualaikum Warahmatullahi Wb. Salam Sejahtera bagi kita semua,  Istilah upgrade ram sering kita dengar baik itu pada perangkat pc maupun laptop. Namun apa efek dari upgrade komponen tersebut terhadap perangkat pc maupun laptop kita? Nah marik kita kupas bersama.

Komponen Random Access Memori atau yang lebih sering kita sebut RAM, merupakan komponen penting dalam sebuah perangkat personal komputer juga laptop. Selain processor, disk penyimpanan (HDD), dan power supply unit (PSU). Karena tanpa salah satu dari perangkat tersebut perangkat komputer tidak akan pernah menjadi komputer. Baca Juga : Intel Resmi Rilis Processor Mobile Generasi Ke -12 Di Indonesia

Pada tulisan kali ini kita akan fokus pada Upgrade ram pada komputer. Banyak pendapat yang berseliweran baik itu saran dari kolega, maupun informasi yang bertebaran di internet ysng menyatakan tujuan upgrade ram / memperbesar kapasitas ram adalah untuk mempercepat laju dari komputer supaya tidak lelet alias lemot. Pendapat itu tidak  salah sepenuhnya, namun fakta nya ada beberapa kasus yang justru terjadi sebalik nya. Saya mendapati beberapa kasus yakni beberapa laptop teman setelah di tambahkan ram malah kinerja nya malah menurun, Oke sebaiknya kita langsung pada pembahasan.

RAM

Sesuai dengan nama nya yakni Random Access Memory (RAM) merupakan komponen ke-3 dalam hirarki komputer, yakni Pertama motherboard, Control Processing Unit (CPU) yang lazim kita sebut dengan  processor, setelah itu baru ram. Trilogi komponen ini tidak bisa di pisah kan meskipun pada kenyataan nya komponen nya di beli secara terpisah. 

Tips Upgrade RAM PC & Laptop

Baca Juga : Xiaomi Redmi Book 15 Laptop Murah Recomended
Dari gambar di atas, bisa kita lihat, penting nya peranan ram pada sebuah perangkat komputer. Ram punya tugas yang sangat vital, sehingga penting bagi teman-teman untuk mengetahui terlebih dahulu tugas dan fungsi ram, Sebelum melakukan upgrade.

Tips Memilih RAM

Yang perlu di perhatikan jika teman-teman hendak membeli ram untuk perangkat komputer,  spesifikasi ram merupakan hal yang perlu di perhatikan.
  • Pertama,  pada frekuensi berapa ram dapat bekerja pada sebuah motherboard.
  • Kedua, Berapa kapasitas maksimal ram yang bisa kita pasang pada sebuah motherboard. 
  • Ketiga, Voltase / daya yang di butuhkan oleh sebuah ram. Informasi ini bisa kita dapatkan pada buku manual bawaan motherboard. Atau bisa di akses pada website dari merek produk tersebut.

Tips Upgrade RAM

Jika teman-teman hendak melakukan upgrade ram pada perangkat komputer / laptop, dalam hal ini pc atau laptop sudah memiliki ram namun hendak menambah kapasitas nya, maka hendaknya teman-teman memperhatikan, selain dari ketiga hal diatas. Baca Juga : Download Windows 11 Gratis

Yang tidak kalah pentingnya yakni chipset yang di gunakan. Agar proses upgrade tidak menemui kendala, maka usahakan chipset ram yang akan kita beli sama dengan chipset ram yang sudah terpasang. Namun jika tidak menemukan chipset yang sama, minimal ketiga hal diatas menjadi acuan wajib. 

Agar tidak terjadi crash maupun hardware tidak bekerja maksimal. Upayakan untuk menambahkan ram yang identik, meski berbeda merk / chipset. Jika ram yang hendak kita tambah kan identik maka motherboard masih bisa bekerja sesuai yang kita harapkan.



Posting Komentar untuk "Tips Upgrade RAM PC & Laptop"