Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bikin HP Kamu Lemot ? Kenali Apa Itu Bloatware

Mengenal Bloatware dan Dampaknya

Bikin HP Kamu Lemot ? Kenali Apa Itu Bloatware


Banyak nya aplikasi yang ter install pada hp android kita tidak lantas menjamin bahwa semua aplikasi tersebut kita inginkan, alias kita yang install. Kebanyakan orang tidak paham, dan megerti untuk apa saja aplikasi yang ter install di hp tersebut. Yang mereka tahu pada saat mereka membeli hp tersebut sudah begitu adanya, sudah terinstall aplikasi-aplikasi dari paket penjualannya.

Lalu apa korelasinya dengan HP Lemot ? (lambat). Juga yang jadi pertanyaan mengapa ada banyak aplikasi yang terinstall.Banyak juga yang bertanya, apakah aman mas, aplikasi-aplikasi itu kita uninstall? Nah mari kita bahas lebih lanjut mengenai apa itu bloatware. 

Bloatware

Merujuk pada nama nya arti dari kata "Bloat" mempunyai arti "Kembung" atau "Membesar". Sedangkan "Ware" Mempunyai arti "Barang" Bisa juga di artikan perangkat. Sedangkan merujuk pada istilah nya, "bloatware" bisa kita artikan melebihi dari yang seharus nya. Sampai disini semoga teman-teman bisa memahami, Oke kita lanjutkan. Baca Juga : Rekomendasi Android Emulator Untuk PC 2022

Istilah Bloatware memang sering terdengar akhir-akhir ini, semenjak maraknya ponsel android. Padahal bloatware sebenarnya bukan hal baru dalam dunia komputer. Pada perangkat lunak (software) komputer, banyak di jumpai ketika kita hendak menginstall satu aplikasi, namun tiba-tiba ada beberapa aplikasi yang tidak kita inginkan terinstall dalam paket aplikasi tersebut. Sama hal nya dengan ponsel android, banyak paket aplikasi yang tidak seharus nya, telah tertanam dalam ponsel yang baru kita beli. Lalu apa dampak negatif nya, dan apa yang harus kita lakukan, oke simak penjelasanya dibawah ini.  

Dampak Negatif Bloatware

Secara teori aplikasi-aplikasi (bloatware) bawaan yang terinstall pada ponsel android ini tidak sepenuhnya berbahaya. Namun ada juga beberapa kasus yang terjadi, terselip bloatware yang merugikan, yakni aplikasi yang memata-matai aktifitas dari perangkat android kita. 

Sedangkan dampak negatif dari bloatware yakni, akan menambah penggunaan source, pada ponsel android kita, baik kinerja processor maupun ram. Karena tanpa kita sadari aplikasi-aplikasi tersebut juga berjalan di latar belakang, meski tidak semua. Baca Juga : 5 Rekomendasi Aplikasi Stabilizer Video di Android

Efek negatif dari bloatware ini, yang pasti akan memperberat kinerja sistem ponsel android kita. Karena kerja processor dan ram juga semakin bertambah dengan banyak nya aplikasi yang tidak kita inginkan tersebut. Lambat laun kinerja ponsel akan melambat / lemot. Belum lagi sampah cache sistem yang tidak pernah di bersihkan.

Cara Menangani Bloatware

Ada beberapa cara dan tips yang bisa kita lakukan untuk membersihkan bloatware yang ada pada ponsel android kita, yakni.

  • Pertama, Hapus / Uninstall aplikasi-aplikasi yang tidak kita butuhkan, dalam hal ini, aplikasi yang sudah ada pada saat pertama kali kita membeli ponsel. Namun aplikasi tersebut tidak penting dan bukan bagian dari aplikasi sistem.

  • Ke-Dua, Jika aplikasi tersebut tidak dapat di uninstall / di hapus, maka non aktifkan dan disable apikasi tersebut, supaya tidak berjalan secara otomatis saat ponsel di nyalakan. Baca Juga : Cara Merawat Batteray Handphone

  • Ke-Tiga, Adalah pilihan flash ulang, ponsel android anda dengan firmware yang bisa di download pada website masing-masing merk. Biasa nya firmware official ini lebih bersih dari bloatware. Proses flash ulang ini tidak membutuhkan unlock bootloader, jadi teman-teman masih aman, dan tidak menggugurkan garansi.

  • Ke-Empat, Jika teman-teman menginginkan yang lebih, dalam hal ini proses nya akan sangat beresiko bagi yang tidak berpengalaman. Namun proses ini bisa dipastikan akan menjadikan ponsel android tersebut menjadi milik anda sepenuhnya, proses ini yaitu root sistem, dimana kita bisa melakukan apa saja terhadap ponsel kita, sesuai yang kita kehendaki. Namun proses ini biasa nya akan menhilangkan garansi dari perangkat tersebut. Baca Juga : Cara Root Handphone Android

Penutup 

Nah, Itu tadi sedikit pembahasan tentang bloatware yang berseliweran pada ponsel android kita, semoga sedikit pembahasan ini bisa memberikan pencerahan buat teman-teman sekalian. Apabila ada kritik dan saran dengan senang hati kami menerima nya, silahkan tinggalkan di kolom komentar.

Posting Komentar untuk "Bikin HP Kamu Lemot ? Kenali Apa Itu Bloatware"