Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rekomendasi Android Emulator Untuk PC 2022

5 Rekomendasi Android Emulator Untuk PC 2022

Rekomendasi Android Emulator Untuk PC 2022

Ngomongin Android seakan tidak pernah ada habisnya, pasal nya perangkat lunak besutan google ini, masih terus di kembangkan, baik oleh google sendiri maupun beberapa kalangan developer. Inilah salah satu kelebihan dari Opensource (sumber terbuka). Meski sudah berkali-kali melakukan peningkatan versi, namun pengembangan masih terus di lakukan.

Android tidak hanya di kembangkan sebagai sistem operasi smartphone, tetapi banyak juga developer menanamkan sebagai sistem operasi perangkat lain, kita bisa lihat saat ini banyak perangkat TV yang di bekali dengan sistem operasi ini, juga perangkat-perangkat elektronik lainnya.

Oke back to topik, kali ini saya akan memberikan sedikit ulasan, Rekomendasi Android Emulator Untuk PC, yang mana setelah beberapa kali saya coba install beberapa Android emulator pada pc saya dan akhir nya saya bisa memberikan rekomendasi beberapa emulator android yang bisa teman-teman coba.

1. Bluestack

Rekomendasi Android Emulator Untuk PC 2022

Bluestack merupakan android emulator untuk pc yang sudah lama ada, sejak awal-awal kemunculan android. Hebatnya bluestack ini support multiplatfom OS, tidak hanya bisa di nikmati oleh pengguna Windows saja, namun  pengguna Macintosh pun bisa menikmati emulator ini. Didirikan sejak Tahun 2009 silam. Emulator ini sudah berpengalaman dalam urusan emulator android, apa saja kelebihan nya simak penjelasan berikut. 

Baca Juga : 5 Rekomendasi Aplikasi Stabilizer Video di Android

Dibekali dengan User Interface (UI system) yang sederhana menjadikan teman-teman seolah sedang menjalankan android pada smartphone. Panel pengaturan berada pada sisi kanan, disana teman-teman bisa menemukan beberapa tombol pengaturan sistem, Ada tombol Full Screen, Tombol Pengaturan Volume, Kontrol Game, dan masih banyak tombol pengaturan lain.  

Ringan, kata ringan selalu menjadi prioritas, mengapa? Karena banyak dari kalangan anthusiast dan gamers yang menanyakan hal ini, emulator android paling ringan. Alasan nya cukup sederhana, karena tidak semua pc yang di miliki teman-teman ini di bekali dengan kemampuan hardware yang mumpuni. Sedangkan  mereka tetap ingin bisa menjalankan emulator ini dengan smooth pada pc mereka. Nah bluestack ini bisa teman-teman jalankan pada pc / laptop dengan spesifikasi terbatas. 

Multiple OS, Nah ini dia fitur keren nya, dengan menggunakan bluestack ini, teman-teman bisa menjalankan / mengisntall android lebih dari satu, keren kan? Jadi semacam virtual os pada pc, teman-teman bisa menambahkan lebih dari satu android system. Masih banyak fitur-fitur menarik lainya yang tidak bisa saya ulas satu persatu disini. Tertarik untuk mencoba silahkan downlod Disini.

2. Phoenix OS

Rekomendasi Android Emulator Untuk PC 2022


Kalo sebelumnya adalah emulator android, Phoenix OS, ini berbeda. Sistem operasi ini tidak lagi berbentuk emulator melainkan seperti hal nya Windows. Proses instalasi nya sedikit berbeda dengan emulator android lainnya, kalo emulator android proses nya sama dengan install aplikasi pada umum nya, namun phoenix os proses instalasinya sama hal nya dengan proses install windows dan Linux. Proses nya juga cukup mudah, OS ini bisa menjadi pilihan jika teman-teman mau mebuat double OS pada pc maupun laptop. Bagi teman-teman yang ingin mencoba phoenix os silahkan download disini.

3. Nox Player

Rekomendasi Android Emulator Untuk PC 2022

Selanjut nya ada Nox Player emulator satu ini, juga tidak kalah ringan dengan bluestack. Di kalangan gamers nox player cukup popular, android emulator ini sengaja di optimasi bagi para gamers mania, yang memiliki keterbatasan dengan smartphone androidnya.

Berjalan cukup ringan saat pertama kali saya coba membuka nya, terasa ringan pada PC jadul saya. Untuk user interface nya sendiri, tidak jauh berbeda dengan emulator lain, nox player ini di lengkapi juga dengan game center, jadi jika teman-teman mau mendownload game, nox player juga sudah menyediakan game center nya, bagaimana menarik bukan ? Jika teman-teman tertarik untuk mencoba nya silahkan teman-teman download di link ini. 

4. Droid4X

Rekomendasi Android Emulator Untuk PC 2022


Sedang mencari emulator Android ringan ? Untuk notebook teman-teman yang masih di bekali dengan ram terbatas, Droid4x bisa jadi pilihan menarik untuk sebuah Android emulator di PC dengan minimal ram 1GB saja, Namun sangat direkomendasikan dengan laptop ram 4GB.

Kelebihan dari Droid4X yang membuat menarik adalah dukungan add-ons, yang memungkinkan kita  mengontrol game di komputer dengan smartphone. Contoh nya jika kita sedang bermain game seperti Asphalt 9 Sedangkan kita tidak punya stick game / game console, maka smartphone kita bisa menjadi console nya dengan memanfaatkan accelerometer yang ada pada smartphone.

Mengkustomisasi keyboard sebagai controller, ya sebagaian besar emulator android memiliki fitur ini, yang tentunya akan memudahkan kita saat bermain bermain game Android. Berminat untuk mencoba emulator android ini, silahkan download Disini.

5. Xamarin

Rekomendasi Android Emulator Untuk PC 2022


Xamarin Android Player di klaim dapat membantu mensimulasikan, maupun men-debug, mendemonstrasikan, atau menjalankan aplikasi Android dengan cepat dan dan ringan. Menjalankan Android pada mesin virtual x86 menggunakan virtualisasi akselerasi perangkat keras dan OpenGL, Xamarin Android Player secara signifikan lebih cepat daripada Android Emulator bawaan. 

Menarik nya lagi, Xamarin ini juga kompatibel dengan Microsoft Visual Studio milik microsoft. Emulator ini juga cocok bagi temen-temen yang sedang belajar mendevelope aplikasi android lho... Bagaimana, Tertarik untuk mencoba? Link download nya ada disini.

Penutup

Nah, itu dia teman-teman sedikit review dari saya, beberapa android emulator yang patut teman-teman coba dirumah, meskipun sebenar nya banyak sekali android emulator. Namun saya hanya sharing beberapa android emulator yang pernah saya gunakan. 

Jika teman-teman hendak mencoba nya silahkan pilih dan sesuakian kemampuan pc / laptop yang ada. sekian semoga bermanfaat terima kasih sudah mampir. 

Posting Komentar untuk "Rekomendasi Android Emulator Untuk PC 2022"