Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Internet Of Thing | MemahamiApa itu (IoT) ?

Mengenal Internet of Thing



Dalam keseharian kita dewasa ini, internet merupakan sebuah hal wajib.  dalam satu dekade terakhir, penggunaan internet di Indonesia mengalami perkembangan yang sangat pesat. Hal ini ditandai dengan  trend yang positif, mengacu pada istilah IoT, kepanjangan dari internet of things, internet menjadi sumber daya yang sangat di butuh kan baik sebagai sumber informasi, maupun sebagai jembatan penghubung antar user.

Sejarah Internet of Things IoT

Merujuk pada sejarah, konsep  IoT, pertama kali muncul pada Tahun 1832 mengacu pada perangkat telegraf elektromagnetik pertama kali di rancang. Namun sejarah IoT sendiri, di mulai sejak di temukan nya internet pada akhir 1960 an.

Sejalan dengan perkembangan teknologi, pada tahun 1980 banyak produsen elektronik menambahkan sensor canggih dan kecerdasan buatan yang di tanamkan. Memicu percepatan teknologi meski belum sepenuhnya sempurna. 

Pada awal abad 20 an, Kevin Ashton  yang merupakan pendiri Auto - ID Center di Massachusetts Institute of Technology (MIT) memaparkan presentasi di depan P&G dengan memperkenalkan ID Frekwensi Radio (RFID).

Seiring berjalan nya waktu IoT terus berevolusi beriringan dengan peningkatan minat masyarakat, Pada tahun 2000 an LG Elektronik memperkenalkan lemari es nya yang dapat terhubung ke internet, sehingga memudahkan pengguna nya untuk berbelanja secara online.

Perkembangan lainnya dari internet of things yakni; Munculnya robot kecil berbentuk kelinci bernama Nabaztag yang dibuat pada tahun 2005 yang mampu menyampaikan berita terbaru, ramalan cuaca, dan perubahan pasar saham.

Unsur-Unsur Internet Of Thing

Mengacu pada sejarah nya, konsep dari IoT terbentuk dari serangkaian perangkat yang saling terhubung melalui jaringan, baik itu jaringan local arean (LAN). Maupun terhubung dengan jaringan secara global Internet. Dalam hal ini perangkat-perangkat yang terhubung sudah memiliki di sematkan fitur yang dapat di akses dari pernagkat lain. Misal nya perangkat CCTV, Lampu, Smart TV, Kunci rumah, yang dapat di akses langsung melalui perangkat smartphone.

Manfaat Internet Of Thing

Dengan semakin majunya perkembangan teknologi, setiap perangkat dewasa ini telah di disain sedemikian rupa sehingga dapat di akses melalui smartphone. Sehingga memudahkan pengguna dalam mengontrol langsung perangkat tanpa harus ada di dekat nya. Hal ini memberikan solusi ketika kita tidak berada di tempat, sedangkan kita hendak mengakses perangkat dari jauh.

Apple Hadirkan Macbook Pro Layar Sentuh

Manfaat lain nya dari IoT adalah, penerapan system automatisasi, sehingga apabila kita hendak melakukan disain smarthome, kita tidak lagi perlu repot dan ribet untuk melakukan pekerjaan satu-persatu. Hanya dengan satu kali tekan maka serangakaian perangkat akan hidup/mati dengan sendiri nya.

Kesimpulan

Dengan ada nya Internet of thing akan sangat memudahkan manusia dalam membangun system yang terintegrasi. Baik itu untuk Rumah huni, ataupun pada Kantor dan tempat kerja.



Posting Komentar untuk "Internet Of Thing | MemahamiApa itu (IoT) ? "