Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperbaiki Speaker Aktif | Suara Kemeresek

Perbaiki Speaker Aktif, Suara Berisik




Pernah ngalamin mau mutar musik ternyata pas nyalain speaker aktif volume nya di buka, suaranya kemerosok (berisik). Kalo teman-teman pernah ngalamin hal serupa, silahkan lanjutkan baca artikel ini.

Ketika orang hendak memutar musik, baik itu melalui speaker aktif atau amplifier rakitan, tujuan nya jelas, ingin mendengar kan dan menikmati musik yang akan di putar. Namun apa jadinya jika speaker aktifnya mengeluarkan suara yang memekakan telinga, yang pasti mood untuk mendengarkan musik nya pasti ilang, yang ada malah kesel (badmood).

Permasalahan seperti ini banyak terjadi di masyarakat, bagi masyarakat awam yang tidak mengerti dunia elektronika khususnya teknis pasti akan bungung mau di apain inj speaker aktifnya, di benerin sendiri belum tentu beres, di bawah ke tukang servis juga kadang lama nungguin antrian.


Di bawah ini saya akan memberikan sedikit tips untuk menyelesaikan hal tersebut. Tidak di butuh kan skil khusus, bahkan orang awam pun pasti bisa melakukan nya. Silahkan di simak.


Gambar 1.1

Penyebab Masalah


Sebelum kita membahas cara memperbaiki, alangkah lebih baiknya kita mengetahui penyebab masalah yang timbul. Sehingga kedepannya kita tidak bingung lagi ketika hal itu terjadi.


Suara kemerosok/ kemeresek (bising) ini muncul, ketika komponen potensiometer pada speaker aktif kita kotor. Baik itu potensiometer Volume, Volume Bass, Volume Treble, dan Volume lainya.


Mengapa demikian? Jawabannya adalah komponen tersebut mempunyai peran aktif setiap saat, melakukan pergeseran untuk memperkecil dan memperbesar suara yang akan kita dengarkan, dari situlah munculnya masalah. Ada celah diantara potensiometer itu yang mulai berdebu, meskipun debu nya tidak nampak seperti debu yang menempel pada kaca 😁, namun itu tetap akan menurunkan kinerja dari potensiometer tersebut. Singkat nya, potensiometer pasti akan mengalami hal ini, meski rentan waktu nya berbeda-beda tapi pasti akan terjadi.


Cara Mengatasi Masalah


Penyebab masalahnya telah kita ketahui, selanjutnya bagaimana cara mengatasinya, tentu saja ada beberapa langkah yang perlu teman-teman siapkan sebelum melakukan pekerjaan.


  1. Contac Cleaner, Hal pertama yang perlu teman-teman siapkan adalah cairan ini, karena ini adalah alat utama yang kita butuhkan.
  2. Tisu Kering, Yang kedua yakni tisu kering untuk proses pengelapan.
  3. Obeng Min ( - ), Alat ini bersifat opsional jika di butuhkan saja.

  1. Gambar 1.2

Langkah-langkah


  • Buka knop penutup potensiometer bisa di tarik menggunakan tangan, atau jika mengalami kesulitan bisa di cungkil menggunakan obeng ( - ). 
  • Perhatikan pada gambar 1.2 Diatas Semprotkan cairan contac cleaner pada bagian celah geser potensiometer, biarkan beberapa detik setelah meresap silahkan putar-putar potensiometer nya.
  • Bersih kan cairan yang bercampur debu dengan tisu kering hingga bersih, jika dirasa masih kurang ulangi langakah ke-dua dan ke-tiga sampai benar-benar bersih.

Nah... Bagaimana mudah bukan? Pekerjaan ini tidak membutuhkan skill teknis, setiap orang pasti bisa melakukannya. Setelah bersih silahkan pasang kembali knop penutup potensio nya, silahkan coba nyalakan speaker aktif nya. Dengarkan apakah sudah selesai permasalahan nya. Semoga artikel ini bermanfaat.


*catatan : Jangan sesekali membersih kan  bisa menyebabkan konslet pada komponen.

Posting Komentar untuk "Cara Memperbaiki Speaker Aktif | Suara Kemeresek"