Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Merawat Accu Kendaraan Supaya Awet



Merawat accu (aki) kendaraan bermotor sering kali di abaikan, oleh kebanyakan pemilik motor, baik itu roda dua maupun roda empat. Padahal secara substantif accu memilik peranan kunci  yang sangat vital, terhada kendaraan. Tanpa ada nya accu, kendaraan pasti tidak akan bisa digunakan. Karena supply arus awal pada motor penggerak, adalah accu ini. Jika accu mengalami drop karena kurangnya perawatan maka akibatnya, kita akan membutuhkan tenaga ekstra untuk mendorong kendaraan kita.

Merawat accu sebenarnya tidak terlalu sulit. Hanya saja karena penempatan Accu yang tersembunyi jadi sering kali abai untuk melakukan pengecekan rutin. Untuk melakukan pengecekan, sebenarnya kita tidak perlu mebawa nya ke bengkel. Karena hal ini sangat mudah, dan siapapun bisa melakukannya tanpa keahlian khusus.

Pertama

Cek rutin setiap 1 atau 2 bulan sekali accu kendaraan anda apakah air accu yang ada pada cell accu sudah mulai berkurang. Jika air pada accu berada pada garis lower, maka tambah kan air accu secukupnya sampai menyentuh ambang batas Upper.

Kedua

Rajin bersihkan kutub Anoda (-) dan Katoda (+) pada accu, karena kutub ini berbahan dasar timbal berpori, ketika kutub ini mengalami reaksi kimia terhadap adam sulfat, maka lambat laun dia akan mengeluarkan garam. Yang jelas bukan garam dapur ya hehehe... Nah kalo sudah begitu, jika kita rajin membersihkan nya maka tanpa secara otomatis tembaga penghubung arus akan mengalami korosi / terkikis. Yang akhirnya menyebabkan arus tidak maksimal.

Ketiga

Bersihkan tutup-tutup lubang accu, karena pada tutup lubang accu ini terdapat lubang udara kecil. Jika lubang udara ini tersumbat maka dapat menyebabkan cell accu tidak bekerja maksimal, saat pengisian daya. Jika sudah begitu maka cell yang ada pada accu akan mengalami disfungsi secara bertahap.

Ke-Empat

Perhatikan air accu yang ada di dalam, apakah air tersebut sudah mulai jenuh (terlihat kotor). Jika sudah begitu, maka buang air yang ada. Bersihkan cell accu dengan air hangat, bukan air mendidih. Setelah itu keringkan dan isi kembali dengan air zuur. Air zuur ini biasa nya di jual dalam kemasan botol dengan tutup warna merah, bukan yang warna biru. Setelah melakukan penggantian Air zuur, lakukan pengisian daya kembali dengan charger accu, jika anda tidak memiliki alat charger nya, anda bisa membawa nya ke toko accu.

Nah, bagaimana? Siap untuk memperbaikinya sendiri dirumah. Jangan ragu untuk bertanya jika ada hal yang kurang di mengerti. Tuliskan di kolom komentar untuk menanyakan perihal yang kurang jelas. Semoga artikel ini bermanfaat.


Artikel Terkait :

Cara Memperbaiki SOCL 506 Suara Serak

Membuat PSU Sederhana 12V

PAM 8610 Power Amplifier Mini Class D

Amplifier Class D  PAM 8403

Posting Komentar untuk "Tips Merawat Accu Kendaraan Supaya Awet"