Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengatasi Dengung Pada Amplifier Rakitan

Bunyi dengung pada power amplifier memang sangat mengganggu, apalagi pada saat musik berheti atau pada saat standby. Suara dengung yang terdengar pasti sangat jelas. Hal ini terkadang membuat kita kehilangan mod untuk mendengarkan musik.


Masalah seperti ini sering terjadi pada audio rakitan, hal ini menimbulkan presepsi yang kurang mengenakkan bagi penghobi audio rakitan. Banyak juga asumsi negatif terhadap audio rakitan. Padahal audio rakitan sebenarnya tidak buruk, bahkan ada sebagian perakit yang bisa membuat audio berkualitas profesional.


Hal-Hal Yang Mempengaruhi

Beberapa faktor yang mempengaruhi bunyi dengung pada power amplifier sebagai berikut.
 

  • Kualitas kabel yang kurang baik. Kabel punya peranan besar menghantarkan sinyal, baik sinyal audio, maupun arus listrik. Jika kualitas tembaga dari kabel kurang baik ini punya andil memunculkan suara dengung.
  • Grounding, sebagaian perakit sebaik nya memperhatikan masalah grounding dengan benar. Grounding ini penyebab paling besar pada masalah audio.
  • Solderan, beberapa kasus yang terjadi pada audio rakitan yang keluar dengung ini, muncul dari solderan yang kurang matang. Menyolder timah yang kurang matang berpotensi menyebabkan komponen tidak tersambung dengan baik. 

  • Kekurangan supply daya juga berpotensi menyebabkan tidak maksimal nya kinerja driver audio.

Solusi memperbaiki

Beberapa hal diatas merupakan beberapa penyebab terjadinya suara dengung pada power amplifier / audio rakitan. Jika anda punya masalah pada audio rakitan dirumah. 

  • Coba cek dan perbaiki hal-hal diatas. Ganti kabel dengan kualitas yang lebih baik.
  • Sambungkan setiap titik grounding dengan baik dan benar, jangan ada yang tidak tersambung antara grounding satu dengan lainnya. 
  • Usahakan untuk meyolder komponen dan kabel dengan panas yang cukup agar timah bisa menempel dengan baik.


Semoga artikel ini bermanfaat, selamat mencoba. Silahkan tulis di laman komentar dibawah jika, ada saran dan masukan. 



Posting Komentar untuk "Mengatasi Dengung Pada Amplifier Rakitan"