Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Memilih Akses Point Router Yang Baik

Kebutuhan akan internet mengharuskan kita untuk memilih Akses Point router yang baik, selain dari akses point router bawaan dari ISP (internet service provider). Untuk memaksimalkan trafik dari internet kita dirumah, maka di anjurkan untuk menambahkan router berbeda, hal ini bertujuan untuk meringankan beban kerja akses point utama. Tidak maksimalnya koneksi internet anda dirumah, banyak di pengaruhi oleh kemampuan kinerja router.




Router Standar ISP

Pada akses point router yang di berikan / pinjamkan oleh isp, ada batas kemampuan dari router, karena disamping router ini bekerja sebagai akses point (koneksi wifi), tugas router lain nya yakni, bekerja sebagai sarana mengatur lalu lintas koneksi yang terhubung (baca: routing). Baik itu secara point to point, maupun point to multi point.

Di pasaran ada banyak jenis akses point router, yang mana dari segi segmen dan peruntukkannya telah di tentukan oleh pabrikan. Jika kita salah membeli maka akan sangat disayangkan karena tidak sesuai fungsi dan kegunaan. Ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan dalam memilih akses point. Berikut beberapa item yang perlu di perhatikan.


Akses Point Untuk Point to Point

Akses point jenis ini, secara fungsi sebenarnya tidak jauh berbeda dengan akses point router pada umumnya. Namun, akses point jenis ini biasa di gunakan untuk topologi jaringan peer to peer. Penggunaan nya biasa nya untuk memperluas jangkauan. Penerapannya biasa nya pada BTS akses dan komunikasi yang di bangun, bukan untuk terkoneksi langsung dengan gadget. Melainkan sesama perangkan akses point dengan metode Server-Client.


Akses Point Untuk Point to Multipoint

Akses point jenis point to multipoint ini, pada prakteknya banyak kita jumpai pada perangkat-perangkat router wifi yang ada dirumah kita. Disain dari perangkat ini biasa nya di disain khusus untuk penggunaan di dalam ruangan, perangkat ini yang akan menghubungkan koneksi internet dengan gadget kita seperti ponsel, laptop dll. Kita akan fokus pada pembahasan akses point router ini.


Memilih Akses Point Router Untuk Rumahan

  1. Pertama. Pilih Akses point router yang memiliki spesifikasi mumpuni seperti halnya Teknologi Wi-Fi 6 (802.11ax) dengan standart 802.11ax teknologi terbaru ini, di claim mampu membawa koneksi bandwith sampai 1.5 Gbps Ada juga spesifikasi yang lebih tinggi. Akses point jenis AX ini merupakan dual band. yang mana sinyal yang di pancarkan yakni sinyal 5GHz dan 2.4GHz.
  1. Ke-Dua. Akses point yang selanjutnya yakni akses point dengan spesifikasi masih tergolong baru, yakni Teknologi Wi-Fi 5 (802.11ac) Standart 802.11ac ini merupakan teknologi dual band pertama. Yakni AC1200 yang mana pada frekwensi 5GHz ia mampu dlalui bandwith hingga 860 Mbps. Sedangkan Pada Frekwensi 2.4GHz Mampu di lewati bandwith 400Mbps. Meski pada Wi-Fi Generasi 5 ini banyak juga spesifikasi di atasnya.
  1. Ke-Tiga.  Pilih akses point yang sudah menggunakan antenna jenis MU-MIMO (multi-user, multi-input, multi-output). Antenna jenis ini mampu menagani permintaan trafik yang lebih baik, di bandingkan dengan antenna omni yang ada pada akses point lama.

Kesimpulan

Dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi, maka tuntutan kebutuhan akan internet sudah menjadi kebutuhan primer. Jika hal ini tidak di dukung dengan perangkat akses point router yang berkemampuan memadai, meskipun paket berlangganan kita 100Mbps, yang terjadi koneksi tersebut tidak akan maksimal. Semoga artikel ini memberikan manfaat. Silahkan tuliskan pada kolom komentar jika ada kritik dan saran.

Posting Komentar untuk "Tips Memilih Akses Point Router Yang Baik"